menganalisis empat skripsi menurut saya

Hallo gaisss  
Apa kabar ? semoga baik-baik saja dan sehat selalu yah  
Udah lama banget ya saya nggak buat blog nih jadi harini saya mau buat blog tentang skripsi kakak tingkat saya di perpustakaan STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG. Skripsi yang aku baca ini ada 4 ya dari tahun 2015,2018 dan 2019. Menurut saya skripsi nya ini sangat bagus dan memotivasi sekali gais untuk kita yang udah semester 6 ini 

Yokk dibaca gaisss siapa tau bisa jadiin refrensi nihhh ~ !!!! 

A. Skripsi Sri Lestari (Analisis Semiotika Roland Barthes) 
     cover depan :


Judul skripsi    :          

“Representasi Stereotype Suku Betawi Dalam Film Benyamin Biang Kerok”

Nama Penulis dan Dosen Pembimbing :

Penulis                         : Sri Lestari

Pembimbing                : Budi Santoso, S.Sos.,M.Comn

  Ade Irawan, SE.,M.Si

Jumlah harapan skripsi :

“80 Halaman”

Tahun pengesahan skripsi : 2018

 

Abstrak :

kesimpulan :



Analisis Skripsi :

Sebelumnya skripsi ini menggunakan unsur semiotika yang berasal dari Bahasa yunani yaitu semeion yang artinya tanda, tanda adalah suatu yang berbentuk fiAsik yang dapat ditangkap oleh panca indera manusia dan merupakan sesuatu yang merujuk(menginterpretasikan) hal lain diluar tanda itu sendiri. Semiotika merupakan ilmu yang mempelajari makna dari suatu tanda atau lambing. Menurut Roland Barthes (1915-1980) semiotika adalah sebuah ilmu dalam metode analisis untuk mengkaji tanda dalam teorinya tersebut Barthes mengembangkan semmiotika menjadi 2 yaitu tingkatan pertanda , yaitu tingkat denotasi dan konotasi.

Dan didalam skripsi Sri Lestasi ini dalam membuat skripsi saat pengumpulkan data menggunakan dua teknik yaitu data primer dan data sekunder :

1.      1. Data primer yaitu data yang dipeoleh dari video film Benyamin Biang Kerok, peneliti mendapakan film ini melalui situs https://indoxx1.com/layarkaca21 dan kemudian diunduh, dipilih audio dan visual atau adegan-adegan yang diperlukan untuk penelitian

2.     2. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari leteratur-literatur yang mendukung dta primer seperti buku-buku, internet, artikel-artikel, jurnal dan catatan kuliah yang berhubungan dengan penelitian.

Dan juga srikripsi ini ditulis enam bab. Film Benyamin Biang Kerok ini merupakan salah satu  film yang di produksi oleh Falcon Picture. Falcon Picture merupakan perusahaan film di Indones ia yang didirikan pada tahun 2010. Di dirikan oleh HB Naveen bersama Frederica, film yang dihasilkan Falcon Picture ini cukup berkualitas dan merupakan perusahaan film yang cukup produktif. Selain itu film ini juga sangat banyak mengenalkan budaya dari suku betawi, betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa yang didatangkan oleh belanda ke Batavia. Kelompok ethis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok ethnis lain yang lebih dulu hidup dijakarta seperti orang Sunda, Melayu, Jawa, Bali, Bugis, Makassar dan Ambon, serta suku-suku pendatang lainnya. Namun suku betawi adalah penduduk asli di kota Jakarta. Keterbukaan dan kejujuran orang betawi dalam keseharian melahirkan sikap betawi yang humoris, Bahasa yang digunakan juga menggunakan Bahasa dialek betawi.

Film ini dirilis pada tahun 2018 dengan durasi 95 menit di sutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diperankan oleh Reza Rahadian, Rano Karno, Meriam Belina, Delia Husein, Adjis Doa Ibu, Aci Resti, H.Q o mar, dan Hamka Siregar. Film ini sangat lucu sehingga banyak penonton yang menyukai film ini.

B.  Skripsi Pujiyani (Strategi Komunikasi)

Cover depan : 


Judul skripsi                :

“Pelaku usaha mitra florist dalam menjaga eksistensi bisnis bunga papan di kota Palembang”

 

Nama Penulis dan Dosen Pembimbing :

Penulis                         : Pujiyani

Pembimbing                : Marleni, M.I.Kom

  Femi Asteriniah, S.Sos, M.Si

Jumlah harapan skripsi :

“69 Halaman”

Tahun pengesahan skripsi :

“2019”

Abstrak :

kesimpulan :


Analisis Skirpsi :

Terkait strategi komunikasi Mitra Florist dalam menjaga eksistensi bisnis bunga papan dikota Palembang secara garis besarnya dilakukan dan dikembangkan oleh owner mitra florist dan marketing mitra florist.

Deswin Tarmizi SH selaku owner dari mitra florist menyatakan sesuai dengan misi kami, kami berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang terpecaya dan kompetitif dalam usaha sewa bunga papan, memiliki SDM berkualitas serta berkompeten di bidangnya dan kami memberikan pelayanan dengan penuh kebanggaan, tanggung jawab dan kecepatan yang sesuai dengan motto perusahaan yaitu “ kepuasaan pelanggan merupakan tanggung jawab kami”

Saluran komunikasi yang mudah dan simple juga merupakan factor penting yang menarik perhatian pelanggan. Dengan saluran komunikasi yang baik akan mempermudah komunikasi antara pelanggan dan mitra florist dalam pemesanan papan bunga. Saluran komunikasi yang baik, menunjukkan kepedulian kita terhadap pelanggan juga mampu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan untuk tetap setia menggunakan jasa mitra florist.

Dalam membuat srkripsi ini pujiyani ini saat mengumpulkan data menggunakan dua teknik dari Hasan (2002:82) yaitu teknik :

1.      Data Primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung dilapangkan oleh orang yang melakukan penelitian atau yang bersangkutan yang melakukannya. Data primer didapat dari informan yaitu individu atau perorang seperti hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti, data primer ini antara lain :
-catatan hasil wawancara
-hasil observasi lapangan
-data-data mengenai informan

2.      Data Sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulan oleh orang yang melakukan penelitian dari sumber-sumber yang telah ada

Definisi Operasional Variabel menurut Sugiono (2008:78) adalah  suatu petunjuk pelaksanaan bagaimana cara mengukur suatu variable atau suatu informasi yang sangat membantu peneliti sehingga dapat mengetahui baik buruknya suatu pengukuran, istilah variable adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik berat di suatu  penelitian.

Pelaku usaha mitra florist menggunakan variable tunggal dan mengacu pada empat komponen Trust, Commitment, Communication and Conflict Handling

C. Skripsi Amalia Pransisca (Analisis Wacana) 

Cover depan  :               

Judul skripsi                :

“Kritis pemberitaan konflik antara khabib nurmagedove dengan conor mcgregor pada media online tribunsumsel.com”

Nama Penulis dan Dosen Pembimbing :

penulis                         : Amalia Pransisca

pembimbing                : Icuk M.Sakir,S.Sos.,M.Si

  Dr.H.Mat Syuroh, MM.,M.Si

Jumlah harapan skripsi :

“117 Halaman”

Tahun pengesahan skripsi :

“2019”

Abstrak            :

   Kesimpulan :





Analisis Skripsi :

Media nasional di Indonesia khusus nya media online banyak yang mengangkat tentang pemberitaan konflik antara khabib Nurmagedov dan Conor McGregor, yang salah satunya Tribunsumsel.com. sejalan dengan misinya, menyediakan informasi yang terpecaya untuk memberikan spirit baru dan mendorong terciptanya demokratis didaerah.

Berita ini dibuat pada tanggal 06 oktober 2018 dan diawali dengan memaparkan secara detail mengenai ukuran badan kedua petarung. Isi berita adalah tentang suasana keseluruhan saat sesi timbang badan kedua petarung mulai dari conor terus mengeluarkan  kata-kata kasar sampai menendang khabib.

Ada tiga analisis berita yaitu :

-          - Repsentasi

-         -  Relasi

-         -  Identitas

Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah analisis wacana kritis model Norman Firclugh dan dibagi menjadi tiga dimensi yaitu :

-          - Teks

-          - Discourse Practice

-        -   Sosiocultural

 

 D. Skripsi Indah Lestari Putri (Analisis Fenomenologis)

Cover Depan : 

Judul Skripsi               :

“Pesona Klinik Kecantikan ( kesadaran mempercantik diri wanita di kota Palembang)”

Nama Penulis dan Dosen Pembimbing :

Penulis                         : Indah Lestari Putri

Pembimbing                : Sumarni Bayu Anita, S.Sos.MA

  Indah Pusnita,S.Sos.M.Si

Jumlah harapan skripsi :

“67 Halaman”

Tahun pengesahan skripsi :

“2015”

Abstrak  :

Kesimpulan :





 

 


Analisis Skripsi :

Skripsi Indah Lestari Putri ini membahas tentang pesona kecantikan ( kesadaran mempercantik diri wanita dikota palembang). Kesadaran untuk mempercantik diri merupakan kondisi dasar dari pengendalian diri dan kesehatan jiwa untuk mencapai kehidupan yang bahagia. Kesadaran bukan hanya dibutuhkan oleh seorang pengembang produk, namun dibutuhkan oleh semua orang.

Apalagi wanita dijaman sekarang yang seslalu inin tampil cantik dan menarik. Karena itu, beragam cara coba dilakukan seupaya penampilan jadi maksimal. Sehingga “kecantikan” yang diinginkan dapat terwujud. Ada tiga faktor pendorong wanita ingin tampil cantik sempurna :

1.      Meningkatkan kepuasan secara personal

2.      Meninggikan rasa percaya diri terhadap pasangan

3.      Tidak ingin kalah saingan saat kumpul bersama teman atau keluarga, dll

Bersamaan dengan perspektif fenomologis, pendekatan ini berasumsi bahwa pengalaman manusia ditengahi objek penafsiran. Objek, orang, situasi dan peristiwa tidak mempunyai pengertian sendiri, sebaliknya pengertian tersebut diberikan untuk mereka.

Moustakas (1994) menyatakan bahwa dalam model fenomologi, pertanyaan ini tidak hanya berupa pertanyaan untuk mengetahui alasan atau proses saja, tetapi harus juga beroirentasi pada isu yang diangkat.

Diera sekarang sudah banyak yang buka klinik kecantikan. Klinik kecantikan adalah sebuah klinik yang menawarkan jasa pelayanan dermatologi. Dermatologi adalah cabang kedokteran yang mempelajari kulit dan bagian-bagian yang berhubungan dengan kulit seperti rambut, kuku kelenjar keringat dan lain sebagainya. Seperti dipalembang sekarang sudah ada beberapa klinik kecantikan seperti ertha klinik dan natasha skincare. Serta juga ada beraneka ragam klinik seperti :

1.      1. Klinik khusus kulit

2.      2. Klinik kecantikan yang hanya menyediakan perawatan khusus rambut

3.     3.  Klinik khusus perawatan tubuh

4.     4.  Klinik bedah plastik

5.     5.  Klinik yang mencakup semua nya

 

terima kasih telah membaca blog saya...
maaf ya kalau kurang sempurna soalnya masih tahap belajar :)

assalamualaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media cetak dan kit

Personal branding (mem-pr kan diri sendiri)

10 brand UMKM keren menurut ranti andriani